Home » » Strategi meningkatkan jumlah penabung

Strategi meningkatkan jumlah penabung

Bank merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana dari dan untuk masyarakat. salah satu asset penting untuk mendukung perkembangan bank adalah banyaknya jumlah nasabah yang mempercayakan uangnya untuk ditabung di bank tersebut.

Semakin banyak jumlah nasabah yang menabung maka jumlah dana yang bisa disalurkan juga akan semakin banyak. Semakin banyak penabung maka jumlah dana yang bisa disalurkan untuk kredit pinjaman modal usaha juga akan lebih banyak.

Ini artinya, bank juga akan mendapatkan income dari pembayaran kredit setiap bulannya sehingga akan mendukung eksistensi bank.

Itulah sebabnya, setiap bank harus membangun strategi yang tepat dan dahsyat sehingga bisa menjadi strategi meningkatkan jumlah penabung yang benar-benar bagus. Umumnya masyarakat memilih untuk menabung di bank tertentu karena mereka yakin bank atau lembaga keuangan tersebut adalah lembaga yang bisa dipercaya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini strategi yang bagus untuk membantu meningkatkan jumlah penabung;

penabung


a. Membangun reputasi yang baik
Jangan harap anda akan mendapatkan banyak nasabah yang bersedia menabung di bank anda, jika selama ini bank yang ada selalu menyisakan masalah. Padahal hal tersebut merupakan salah satu patokan dari masyarakat hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menjadi nasabah atau tidak.

b. Melakukan berbagai promosi secara maksimal
Promosi merupakan cara untuk memperkenalkan produk yang dimiliki oleh bank kepada masyarakat. Produk yang ditawarkan pastinya adalah produk yang berkaitan dengan produk untuk tabungan.
Promosi yang dilakukan bisa dengan menyebarkan brosur, mengikuti berbagai pameran, dan lain sebagainya.

c. Memberikan iming-iming hadiah
Hadiah bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para nasabah. Melihat hadiah yang besar, biasanya nasabah akan lebih termotivasi untuk terus meningkatkan saldonya sehingga dana yang bisa disalurkan untuk kredit juga akan lebih banyak. Usahakan untuk menyediakan hadiahnya terlebih dahulu dan pamerkan hadiah tersebut di ruang tunggu pada bank.

Ingat, sebaiknya anda tidak mengeluarkan budget untuk hadiah ini diluar dari kemampuan bank. Sedangkan untuk pengundian hadiah bisa dilakukan setiap bulan, triwulan, atau mungkin per semester.

d. Tigkatkan pelayanan
Kepuasan pelayanan merupakan kepuasan tersendiri bagi para nasabah. Ketika mereka mendapatkan pelayanan yang baik di berbagai hal, pastinya calon nasabah akan merasa lebih nyaman untuk bertransaksi. Pelayanan dari setiap bank ini akan sangat dipengaruhi oleh SDM yang berkualitas sehingga sangat penting bagi lembaga untuk terus meningkatkan kualitas SDMnya.

e. Tawarkan berbagai kemudahan
Nasabah umumnya membutuhkan pelayanan yang mudah dan aman. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen ini, bank bisa menawarkan berbagai fasilitas diantaranya adalah layanan mobile banking atau mungkin online banking. Dengan layanan ini, maka nasabah bisa melakukan berbagai transaksi untuk melakukan berbagai akses perbankan.

Kenapa harus menggunakan strategi meningkatkan jumlah penabung?
Strategi merupakan upaya yang bisa dilakukan oleh ebrbagai instansi termasuk bank ini untuk melakukan berbagai tindakan dengan tujuan untuk mencapai target yang telah ditentukan perusahaan.

Strategi memang merupakan bagian yang penting dalam menentukan langkah-langkah tepat dalam mencapai sesuatu, karena tanpa strategi yang jelas akan menyebabkan tidak maksimalnya hasil yang dicapai oleh lembaga.

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam menyusun strategi meningkatkan jumlah penabung di bank baik itu dari pihak bank itu sendiri atau mungkin pihak masyarakat atau lingkungan.

Faktor-faktor tersebut nantinya bisa berpengaaruh terhadap penerapan strategi dahsyat secara signifikan dalam meningkatkan jumlah penabung. Jika ditanyakan apakah hal ini penting, maka jawabannya adalah sangat penting karena sangat berpengaruh sebagai penunjang keberhasilan dalam berbagai kegiatan operasional bank.

Thanks for reading & sharing pinjaman uang finance

Previous
« Prev Post

0 komentar: